mengapa sering mengantuk?

akhir2 ni gw sering banget terserang rasa kantuk..ga taw knapa..mgkn krn gw maw sakit…ato mgkn karena pola makan gw salah..high carbohidrate..

penyebab kantuk

Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi ternyata kebanyakan mengonsumsi glukosa justru akan memicu rasa kantuk karena glukosa yang masuk ke dalam tubuh akan cepat dipecah karena unsurnya yang sederhana. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi.

Rasa kantuk yang menyerang setiap habis makan, biasanya merupakan suatu reaksi food coma. Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya food coma ini. Sebagai gambaran, tubuh kita diibaratkan sebuah mesin pengolah yang berfungsi untuk menyerap sari makanan. Kalau makanan yang kita konsumsi dalam porsi yang cukup besar, otomatis tubuh kita akan bekerja ekstra keras untuk mencernanya. Akibatnya, tubuh akan terasa lelah dan mengantuk.

Kalori sama halnya dengan energi. Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi seimbang, maka rasa kantuk pun enggan mendekat. Pasalnya, kadar gula dalam tubuh dalam batas normal. Konsumsi karbohidrat bisa menjadi pemicu lainnya sehingga karbohidrat kompleks lebih disarankan untuk dikonsumsi. Terlalu banyak menyantap nasi putih, mie, kue-kue kecil, ataupun roti yang termasuk dalam deretan karbohidrat sederhana malah mengundang kantuk lebih banyak lagi. Kelelahan juga disebabkan dari asupan makanan yang tidak cocok dikonsumsi tubuh.

ternyata ngantuk bisa diatasi dg beberapa trik

1. Pertama, jika mengantuk dan kita menyerah, maka kita akan cepat untuk tidur.

2. Kedua, rasa mengatuk itu seperti parabola terbalik, jika kita sanggup bertahan sampai pada titik puncaknya, maka rasa mengantuk itu akan semakin hilang.

3. Ketiga, rasa mengantuk itu bisa terputus jika ada sesuatu yang membuat seseorang surprise, sangat senang, marah, mendengar sesuatu yang membuat kita tertawa terbahak-bahak dan terkejut.

4. Beberapa perlakuan fisik juga bisa memutus rasa kantuk. Misalnya melakukan olah fisik ringan seperti menggerak-kepala, tangan, dan tubuh. Dengan melakukan cara ini diharapkan akan memperlancar peredaran darah, sehingga mengurangi rasa kantuk. Membasuh muka dan tengkuk dengan disertai menekan-nekan wajah, cuci muka dan sikat gigi, jalan-jalan, datangi tempat yang lebih bercahaya, nyalakan musik, tidur siang singkat, diet rendah karbohidrat

jadi seperti apa karbohidrat kompleks itu?

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang kurang manis, dan tidak mudah diserap tubuh. Contoh jenis karbohidrat dalam kategori ini adalah nasi merah, roti gandum dan pasta. Karena dicerna secara perlahan oleh tubuh, tidak banyak kalori yang bisa disimpan sebagai lemak, membuat energi kita selalu terpasok. Hasilnya badan tidak cepat lemas dan lingkar pinggang pun tetap stabil dalam jangka panjang.

semoga dengan ini gw ga kan ngantuk2 lagi..wahahahay,,,

6 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s