roti..roti..gandum..

apa sih roti gandum itu??

Di antara berbagai jenis roti, ada yang disebut roti gandum atau whole wheat bread. Roti jenis ini mengandung karbohidrat kompleks dan berserat tinggi. Karbohidrat kompleks akan langsung terbakar menjadi energi dan tidak tersimpan menjadi lemak.

Roti yang berwarna coklat biasa (brown bread) tidak dapat disamakan dengan roti gandum utuh (whole grain bread atau whole wheat bread). Bahkan beberapa roti sengaja ditambahkan pewarna agar berwarna coklat menyerupai roti gandum utuh.  Dalam label beberapa roti gandum tertulis “caramel coloring” yang menunjukkan bahwa roti tersebut diberi tambahan karamel untuk memberi warna coklat. Bahkan beberapa jenis roti yang berlabel “multi-grain” bread, “rye” bread, “5 grain” atau “7 grain” bread tidak serta merta menunjukkan bahwa roti tersebut menggunakan biji gandum utuh dalam proses pembuatannya.

Di Amerika Serikat dan Kanada, hanya roti yang berlabel “whole wheat” yang benar-benar menggunakan tepung gandum utuh dalam pemrosesannya. Sementara beberapa roti berlabel “wheat bread” (roti gandum) hanya menggunakan kombinasi tepung halus putih biasa dan tepung gandum utuh. Jadi sebagai salah satu contoh pedomannya adalah label “whole”.

kandungan roti gandum

Dibandingkan dengan roti putih, roti gandum memiliki keunggulan dalam hal vitamin B2, B6, E, niasin, asam folat, magnesium, besi, tembaga, seng, mangan. Zat besi roti gandum tiga kali lebih banyak daripada roti putih yang belum diperkaya aneka zat gizi, sedangkan vitamin E-nya 16 kali lebih banyak. Kandungan riboflavin {vitamin B2) juga 2,5 kali lebih banyak, niasin (4 kali), vitamin B6 (7,5 kali), dan asam folat (1,6 kali). Tingginya nilai gizi roti gandum nembuatnya tidak kalah dari roti putih yang difortifikasi. Namun, lebih baik membeli roti gandum yang telah ditambah kalsium dan berbagai vitamin. Belakangan ini, roti diperkaya asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA), terutama kelompok omega-3 seperti EPA {asam esikosapentaenoat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). Penelitian membuktikan, PUFA dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memusatkan perhatian dan penglihatan (visual}, serta memecahkan masalah.

manfaat roti gandum

  1. Fiber mencegah sembelit (konstipasi), wasir (hemorrhoids) dan penyakit diverticulosis (tumbuhnya divertikula dalam usus besar).
  2. Fiber juga dikenal dapat mencegah resiko penyakit kanker terutama kanker usus besar (colon) dan kanker payudara.
  3. Selain itu, fiber juga mampu membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan jumlah kolesterol total sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.
  4. Lebih lanjut, fiber juga mampu menurunkan gula darah sehingga membantu mengatasi penyakit diabetes.
  5. Terakhir tetapi tentunya bukan yang paling akhir, kandungan fiber akan menjaga tubuh Anda selalu langsing karena hampir tidak mengandung kalori sama sekali dan akan membuat Anda merasa kenyang. Karena itu roti gandum utuh sangat cocok untuk program diet.

apalagi??

Dibanding nasi dan mi yang sering kita konsumsi, roti sebenarnya merupakan sumber energi yang lebih baik. Kandungan energi per 100 gram nasi adalah 178 kkal, per 100 gram mi 86 kkal, sedangkan per 100 gram roti dapat mencapai 248 kkal. Kandungan seratnya juga lebih baik, sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama.onsumsi 100 gram roti gandum atau setara dengan empat kering roti, mengandung serat sebanyak 12,2 gram. Sementara 100 gram roti putih hanya mengandung 2,7 gram serat, atau hanya seperenam dari serat yang terdapat pada roti gandum. Selain itu, roti gandum mempunyai kandungan karbohidrat dan energi sedikit lebih rendah dibandingkan dengan roti putih. Hal itu yang menyebabkan roti gandum baik untuk tujuan diet. Roti gandum dapat membantu menahan rasa lapar lebih lama karena kandungan seratnya tinggi. namun roti gandum sebaiknya dibatasi konsumsinya pada anak-anak balita karena mereka belum memiliki saluran pencernaan yang cukup baik, sehingga belum mampu mencerna makanan tinggi serat seperti roti gandum

-belind-

dari berbagai sumber

2 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s