di hilir Kanal Yoshiro (selokan mataram)

hilir kanal yoshiro

udah lamaaaa banget gw pengen bisa menyusuri selokan mataram sampe ke ujungnya..setelah petualangan (karena kesasar) gw bersama prabu nono ke kalasan kemaren..akhirna gw kembali membangkitkan angan2 buat bisa menyusuri selokan mataram suatu saat nanti..saking penasaran, tadi siang gw searching bout selokan mataram..gak disangka ada web yang menerangkan tentang jalur penelusuran selokan mataran baik ke timur maupun ke barat..klo ke barat (hulu) ke kali progo, ke timur (hilir) ke kali opak..

belum puas gw baca web itu, mita sudah calling dari gerbang depan..siang ini emang rencananya gw mu cetak mencetak gigi bersama mita..setelah usaha cetak mencetak gigi (yang lebih banyak gagalnya) itu, gw ngerasa bahwa sore ini terlalu indah buat dihabiskan begitu saja di kosan..udaranya seger, langit cerah..membangkitkan jiwa berpetualang gw (alias napsu buat keliling2 dengan motor..wkwkwk…)
akhirnya gw memutuskan kenapa ngga gw manfaatin sore ini buat memuaskan keinginan gw menyusuri selokan mataram??huhuy..akhirnya dengan memantapkan hati, gw berangkat juga..
gw mulai petualangan gw dr perempatan MM UGM..gw milih buat menyusuri jalur timur yang keliatannya (menurut yang gw tangkep dari web itu) lebih mudah dilalui..secara ni hari udah sore..kecuali klo gw td berangkat pagi2 pasti gw ambil jalan ke barat..
sebagian kecil dari jalan sepanjang selokan ini udah sering gw lalui..rute dari MM ke timur sampe ke seturan..gw baru ngerasa asing setelah ngelewatin perempatan seturan..teruuus aja gw ikutin jalannya…pas sampe dimana gitu..ada kali yg melintang dr arah utara ke selatan..dsitu ada beberapa orang yg lagi outbond..kalinya juga asik..dangkal, bersih dan arusnya gak begitu deras..gw nengok sebentar dan ngelanjutin perjalanan..eeeh…hbs itu gw malah salah ambil jalan..gw ambil jalan ke kiri..sempit gila!!jalan di kanan thu yang lebih lebar dan udah aspalan..nyali gw dah kecut aja tuh..pengennya puter balik..tapi gw nekat..dan untungnya jalan yg gw lalui itu nembus jalan aspal yang sebelah kanan tadi..fiuuh…
perjalanan masih berlanjut..
dan akhirnya jalanan di depan gw habis..mentok di pertigaan..sempet bingung tuh..tapi setelah gw liat di kejauhan ada jalanan tembusnya lagi..akhirna ge inisiatif buat belok kiri dan berharap semoga bisa nemuin jalan lagi..dan ternyata setelah gw susurin eeh..nembusnya di ringroad utara..wkwkwk..gak nyangka udah nyampe situ aja..well..akhirnya gw terpaksa puterin ringroad agak jauh buat nemuin jalan di samping selokan mataram lagi..untungnya ketemu..fufufu…
nah setelah nyebrangi ringroad ni gw nyasar lagi..gw ambil jalanan aspal..eh ternyata gak sejalan sama selokan..terpaksa deh puter balik..ternyata jalanan di samping selokannya thu sempiiit banget..jalanan rumput gtu..dan cuma jalan setapak gtu..gw udah mule ragu tuh..tapi keinginan buat nyampe di ujung masih membara..jadi gw nekat tetep nerusin..dsana gw smpet nanya sama penggembala kambing krn gw ragu apa di depan masih ada jalan..dan dy blg masih..so lanjut lagi daah..dan ternyata bener..ketemu juga jalan aspal..
gak berapa lama, gw ngeliat gundukan batu besar di sebelah kanan..pas gw amat2in sambil bertanya2 ternyata itu sebuah candi boo…di sini gw teralihkan dan nyoba pengen liat candi itu dari deket..eh malah keluar ke jalan raya..ternyata candinya masih di seberangnya lagi..huuuff..yawda akhirna gw kembali meluruskan niat sambil khawatir jangan2 ngga nemuin jalan ke selokan mataram lagi..ternyata masih ketemu..untunglah..
gw nyusurin lagi jalanan selokan mataram dan nyampe di jalan buntu..depan gw rel kereta api, selokan mataram habis di sini..waduh..i can’t find my way..sempet panik tapi untungnya ada warga desa situ jadi gw nanya..ternyata ada jalan tembusannya kok..jadi gw ngikutin aja arah yg ditunjukin sama org itu..gw ikutin jalannya..teruuus..teruuus…jalannnya makin sempit sampe hanya jalanan setapak..lurus lagi..teruus..daaan..habis..
selokannya habis..
air dr selokan terjun ke semacam bendungan besar..tumpah begitu saja..
gw takjub..gw bersyukur dan gw seneng banget akhirnya nyampe juga keinginan gw..pas gw tanya ternyata ini bener Kali Opak..petualangan gw berakhir sampe di sini..cuacanya cerah..udara seger..bau rumput..pedesaaan..damaaai banget..seperti ikut merayakan kesuksesan gw menyusuri selokan mataram..heheheh…gw sempetin duduk dan lgs sms mita, bilang klo gw udah nyampe sungai opak..
gw bangga sama keteguhan hati gw..xixixi…di hilir kanal yoshiro ini,,gw bertekad kapan2 gw akan menyusuri selokan mataram ke barat..ke kali progo..on my next mission..^^

yogyakarta, 28 februari 2010

Tinggalkan Balasan

