ORTHOPANTOMOGRAM dan Periodontitis

Orthopantomogram (OPG), juga dikenal sebagai orthopantogram atau panorex, adalah panoramic scanning X-ray dari gigi rahang atas dan rahang bawah. OPG akan menunjukkan tampilan dua-dimensi setengah lingkaran dari telinga ke telinga (Anonim, 2009).

Periodontitis, inflamasi kronik pada jaringan pendukung gigi, mempunyai karakteristik hilangnya secara progresif, khususnya, tulang alveolar. Hilangnya tulang dapat dinilai pada gambaran radiograf biasanya memiliki pola yaitu terlihat level yang sama pada aspek mesial dan distal dari gigi tetangganya. Lesi infrabony telah digambarkan sebagai kehilangan tulang secara angular maupun vertikal. Resiko perkembangan penyakit akan meningkat jika tidak diberi treatmen yang tepat (Müller et al, 2005). Hilangnya tulang lebih banyak ditemui pada maksila, khususnya pada regio molar. Kasus ini lebih banyak terjadi pada pria, dan hilangnya tulang periodontal akan meningkat sejalan dengan bertambahnya umur. Prasyarat dari perkembangan kerusakan periodontal adalah bakteri yang terdeposit pada gigi yang terlibat. Berbagai bakteri anaerob, sebagian besar gram-negatif, telah terlibat dalam patogenesis dari penyakit. Selain itu periodontitis juga berkaitan dengan adanya trauma oklusal dan infeksi pada saluran akar (Müller and Ulbrich, 2005).

Pemeriksaan radiografi rutin dengan orthopantomograf (OPG) pada mandibula pasien merupakan bagian treatmen yang penting dan dianjurkan. Adanya resorbsi tulang alveolar biasanya dipengaruhi oleh waktu pencabutan, osteoporosis, diet, penggunaan gigi tiruan, penyakit periodontal dan parafungsi yang lain (Rai Balwant, 2007).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s