preventif karies

Tindakan preventive merupakan dasar dari manajemen karies pada anak-anak. Seringkali terjadi kesalahan dalam menilai bahwa aspek yang diperhatikan yaitu tindakan preventive, merupakan bagian yang pokok dari perawatan dental karies. Memperbaiki kerusakan akibat karies juga penting, tetapi tindakan ini hanya berhasil jika penyebab kerusakan dihilangkan. Tindakan preventive dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Primer

Tidakan preventive (pencegahan) primer adalah penggunaan atau strategi-strategi dan bahan-bahan untuk mencegah permulaan terjadinya penyakit, untuk membalikkan proses perkembangan penyakit atau untuk menghentikan proses penyakit sebelum pencegahan sekunder dilakukan (Sriyono, 2007).

Tindakan preventive primer terjadi pada periode prepatogenesis.

Contoh:

a. Promosi kesehatan

Promosi kesehatan (misalnya pemberian intruksi pengambilan plak yang benar atau menyikat gigi sehar-hari), pendidikan kesehatan dalam hegiene mulut, nutrisi dengan standart yang baik, rencana diet, skrining atau pemeriksaan secara periodic (Sriyono, 2007).

b. Proteksi spesifik

Hygiene mulut yang baik, fluoridasi air minum, aplikasi fluor secara topical, menghindari makanan yang lengket, terutama diantara waktu makan, menyikat gigi dan berkumur-kumur setelah makan, propilaksis dental,  perawatan dari kerentanan tetapi tidak melibatkan area pada orang yang sangat rentan (silen), ortodonsi preventif (Sriyono, 2007).

c. Fissure sealants

Sikat gigi tidak dapat memasuki dan membersihkan fisur dan pit pada gigi karena dimensi fisur terlalu kecil. Sehingga dapat dilakukan fissure sealant sebagai tindakan preventive. Prosedur dari fissure sealant meliputi persiapan dengan pembersihan gigi, beberapa dilakukan enameloplasty, kemudian aplikasi etsa, dilanjutkan bonding agent, lalu aplikasi resin.

Meskipun tidak dilakukan secara rutin pada gigi decidui, fissure sealants dapat digunakan pada molar decidui (terutama molar dua) yang pada satu atau lebih molar desiduinya telah berkembang suatu karies oklusal (Welbury, 2005).

2. Sekunder

Pencegahan sekunder berkaitan dengan cara perawatan penyakit yang bertujuan memulihkan kerusakan jaringan akibat dari penyakit tersebut, contoh mengadakan pemolesan yang sempurna terhadap setiap tambalan untuk mencegah terjadinya caries sekunder selain itu fissure yang dalam dibuatkan preparasi dan ditambal dengan amalgam.

3. Tersier

Preventive tersier adalah tindakan yang lebih difokuskan pada membatasi atau menghentikan progres dari proses karies dengan perawatan atau dengan terapi yang dapat menginisiasi remineralisasi dari lesi karies yang telah terbentuk (Harris, 2004).

Contoh tindakan preventive tersier yaitu :

Space maintainer

Salah satu penggunaan space maintainer adalah setelah prosedur pencabutan gigi.  Penggunaan ini bertujuan agar tidak terjadi penyempitan ruang dan ruang yang ada masih terjaga untuk tempat tumbuh gigi pengganti (permanen). Sebagai contoh, setelah pencabutan premolar satu, dipasangkan space maintainer untuk meyakinkan agar tidak terjadi pergeseran gigi posterior ke arah mesial dan mempersempit space yang kosong dari bagian distal caninus. Pada kasus demikian, pemberian space maintainer merupakan sebuah indikasi. Lengkung gigi atas dapat dipasangkan simple acrylic appliance dengan clasp, tetapi pada lengkung bawah bagian lingual pemakaian alat ini dapat ditoleransi untuk tidak digunakan. Jika bagian lengkung gigi bawah ingin dipasangkan space maintainer, maka dapat digunakan lingual arch. Pada kasus lain seperti pencabutan caninus, pemasangan space maintainer digunakan untuk mencegah tumbuhnya caninus permanen di bagian buccal akibat penyempitan ruang tumbuh caninus permanen tersebut(Welbury, 2005).

2 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s