INGINKAH ANDA MEMPUNYAI BANYAK PASIEN? (resume jurnal)

Pelayanan kesehatan gigi yang semakin beragam menuntut seorang dokter gigi untuk mempunyai daya kompetisi yang tinggi agar jumlah pasien yang datang ke tempat praktek tidak berkurang dan bahkan bertambah. Seorang dokter gigi harus mempunyai rencana untuk memajukan prakteknya, yaitu strategi untuk memperoleh kunjungan pasien dan kiat mendapatkan kunjungan pasien yang banyak.

Strategi untuk memperoleh kunjungan pasien adalah sebagai berikut:

a.       Berorientasi pada apa yang dikehendaki dan dicari oleh masyarakat, yaitu pelayanan yang efektif dan efisien dalam mutu dan biaya pelayanan. Dokter gigi juga harus mengenal segmen kelas konsumen yang akan menjadi target pelanggannya.

b.      Berorientasi pada kepuasan pasar, yang dapat ditunjang dengan kemampuan dokter gigi dalam berkomunikasi sehingga dapat menghilangkan rasa cemas dan takut pasien serta kemampuan klinik yang baik.

c.       Profesionalisme, dengan praktek yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sesuai dengan kemajuan iptek, senantiasa mengembangkan diri, menguasai bahasa asing, berkomitmen secara menyeluruh pada mutu.

d.      Service (pelayanan) yang memuaskan dan memenuhi keinginan serta kebutuhan pasien.

e.       Menciptakan identitas dan citra tempat praktek.

f.       Melengkapi ijin-ijin dan peraturan yang diperlukan seperti SIP (Surat Ijin Praktek) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Kiat untuk mendapatkan kunjungan pasien yang banyak adalah sebagai berikut:

a.       Merencanakan seluruh kebutuhan untuk praktek

b.      Merencanakan segmen kelas konsumen yang akan menjadi target pelanggan

c.       Melengkapi ijin-ijin dan peraturan yang diperlukan untuk menambah kepercayaan pasien

d.      Meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan kedokteran gigi dengan mengikuti seminar dan kursus baik nasional maupun internasional, serta menjadi spesialis.

e.       Menciptakan identitas dan citra di tempat praktek, termasuk penataan dan perlengkapan ruang praktek serta ruang tunggu, kebersihan, kedisiplinan, dan mutu.

f.       Memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan sesuai kebutuhan pasien.

g.      Memberikan konsultasi dan jasa sesuai kebutuhan pasien

h.      Menetapkan biaya perawatan yang wajar dan menjelaskan rincian biaya perawatan sebelum melakukan perawatan.

i.        Memberikan alternatif perawatan beserta besarnya biaya.

j.        Melakukan pelayanan tidak hanya kuratif namun juga preventif, promotif serta rehabilitatif agar cakupan pelayanan menjadi lebih luas.

k.      Memberikan insentif kepada tim/staf dokter setiap bulan sesuai pendapatan yang diperoleh agar mereka dapat membantu memberikan pelayanan dengan lebih baik.

l.        Mengadakan pertemuan atau diskusi secara berkala, sesuai kebutuhan.

m.    Bekerjasama dengan anggota tim demi kesembuhan dan kepuasan pasien.

n. Bekerja dengan hati nurani, sesuai kompetensi dan kemampuan.

 

sumber:

Sariningsih, E., 2008,  Inginkah Anda Mempunyai Banyak Pasien, Indonesian Journal of Dentistry; 15 (3): 196-199

2 responses

  1. nice post…lagi blogwalking gak sengaja terdampar ke sini…
    ilmunya bisa donk diterapkan sama dokter umum juga ???
    salam kenal…ditunggu kunjungan baliknya… ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s