Kepentingan Biomedis Kolesterol

Kolesterol terdapat pada jaringan dan plasma sebagai kolesterol bebas atau dalam bentuk simpanan, berkombinasi dengan rantai panjang asam lemak sebagai ester kolesteril. Dalam plasma keduanya diangkut dalam lipoprotein.

Kolesterol adalah lipid ampifatik dan merupakan komponen struktur esensial dari membran dan outer layer lipoprotein plasma. Kolesterol dalam jaringan disintesis dari asetil-Co A dan merupakan prekusor dari banyak steroid lainnya seperti kortikosteroid, hormon seks, asam empedu, dan vitamin D. sebagai produk khas dari hewan, kolesterol terkandung dalam makanan yang berasal dari hewan seperti kuning telur, daging, hati, dan otak.

Kolesterol dan ester kolesteril diangkut menuju banyak jaringan oleh lipoprotein plasma densitas rendah (LDL). Kolesterol bebas diangkut dari jaringan oleh liprotein plasma densitas rendah (HDL) dan ditransportasikan ke liver, dimana kolesterol dieliminasi dari tubuh setelah diubah menjadi asam empedu melalui proses transpor balik kolesterol. Kolesterol adalah unsur utama batu empedu.

Peran utama dalam proses patologis adalah sebagai faktor dalam asal-usul aterosklerosis arteri vital, menyebabkan serebrovaskular, koroner, dan penyakit pembuluh darah perifer.

sumber:

Murray, R.K., Granner, D.K., Mayes, P.A., and Rodwell, V. W., 2003, Harper’s Illustrated Biochemistry, 26th Edition. New York: Lange Medical Books/McGraw-Hill

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s