#tips menjadi pasien yang pintar

menilik dari pengalaman saya yang lalu saya memikirkan beberapa tips yang mugkin berguna bagi para pasien maupun dokter yang anda tuju.

1. tidak ada salahnya anda mencari tau tentang penyakit anda melalui internet, bertanya pada teman, dll. tujuan searching disini bukan untuk kemudian mengobati diri anda sendiri, tapi agar anda mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada anda sehingga nantinya dapat anda konsultasikan kepada dokter. hal ini menguntungkan karena baik anda maupun dokter dapat saling bertukar informasi.

2. tidak ada salahnya bertanya tentang obat atau tindakan apapun yang disarankan oleh dokter, tanyakan juga tentang  manfaat, tujuan, dan efek samping serta cara-cara menangani efek tersebut. biasanya dokter akan menjelaskan hal-hal tersebut, namun jika bagian ini terlewat maka anda bisa menanyakannya. jangan ragu bertanya kembali untuk hal-hal yang masih belum anda mengerti. adalah hak anda mendapatkan penjelasan sejelas-jelasnya dari dokter, dan sudah merupakan kewajiban dokter memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya kepada anda.

3. jangan pernah merasa takut/ inferior/lebih rendah kedudukan anda dari dokter anda, anda dan dokter sama-sama manusia, hanya kebetulan dokter anda lebih mengerti tentang kesehatan dan itu pun karena belajar. maka dari itu, janganlah hal demikian membuat anda sulit berkomunikasi dengan dokter anda. komunikasi adalah salah satu kunci sukses dalam perawatan anda.

4. ungkapkan semua keluhan anda kepada dokter, biasanya dokter akan memberikan pertanyaan-pertanyaan arahan kepada anda. ini adalah sesi yang paling penting karena dari sinilah dokter mulai meraba kemungkinan-kemungkinan diagnosis untuk anda. maka dari itu jangan sampai ada bagian yang terlewat yang tidak anda jelaskan kepada dokter. untuk anda ketahui, ada beberapa penyakit yang memiliki gejala dan tanda yang sama, jadi bercerita secara lengkap dan detail akan sangat membantu dokter anda.

5. buatlah buku catatan medik anda sendiri di rumah yang memuat catatan tentang penyakit, gejala dan tanda, obat atau tindakan apa saja yang diberikan oleh dokter, juga catatlah jika anda mempuyai alergi terhadap obat tertentu. hal ini akan sangat membantu di kemudian hari.

6. jangan melewatkan waktu kontrol anda, kembalilah jika memang diminta untuk kembali. bukan karena dokter ingin mendapat banyak uang tambahan, namun memang ada perawatan-perawatan yang tidak cukup dilakukan dalam satu kali kunjungan (kasus ini banyak terjadi pada klinik dokter gigi). waktu kontrol juga bermanfaat untuk melihat hasil dari perawatan sebelumnya.

7. jangan buru-buru menilai dokter anda tidak becus jika ternyata perawatannya tidak memberikan efek atau justru memperparah kondisi anda. hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor misalnya reaksi tubuh anda terhadap perawatan yang diberikan, kondisi orang yang berbeda kadang menyebabkan dosis obat yang berbeda pula, beberapa penyakit yang memiliki gejala dan tanda yang sama namun memerlukan perawatan yang berbeda, dll.

8. tak ada salahnya jika anda menginginkan second opinion, hal ini berarti anda meminta pendapat pada dokter lain yang anda pikir lebih ahli daripada dokter yang anda kunjungi sebelumnya. dalam hal ini anda juga perlu mengkomunikasikannya kepada dokter yang anda kunjingi pertama. tak perlu takut menyinggung perasaan karena second opinion adalah hak anda.

untuk saat ini, itu saja tips-tips dari saya, mungkin lain waktu saya akan dapat ide lagi untuk menambah beberapa poin. satu yang pasti, percayalah tidak ada seorang dokter pun yang ingin mencelakakan anda atau berpraktek hanya demi mencari keuntungan semata.

kata2 salah satu teman saya akan menutup postingan saya kali ini: ilmu pengetahuan kedokteran adalah ilmu yang tidak sempurna, maka dari itu akan selalu diperbarui. namun seorang dokter selalu dituntut untuk bersikap sempurna, tidak ada maklum untuk kesalahan sekecil apapun. (betapa tidak adilnya – komentar pribadi)

salam sehat,

semarang, 12.02.2011

-belindch-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s