Islam, rahmatan lil ‘alamin

saya mendapatkan PR dari dosen matakuliah agama Islam

Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin. mengapa Indonesia yang hampir 85% penduduknya beragama Islam keadaannya jauh dari rahmat Allah?

IMHO:

begitu besarnya jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam tidak lantas menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki kasih sayang bagi alam semesta (rahmatan lil ‘alamin), padahal rahmatan lil ‘alamin merupakan tolak ukur bagi umat Islam dalam beramaliah atau berperilaku. hal ini dikarenakan banyak diantara kita yang sekedar ‘mewarisi’ agama Islam dari orangtua kita. tidak banyak pula yang mau belajar, memperdalam ilmu tauhidnya. jadilah agama ini hanya sekedar ‘tradisi’ dan bukan menjadi tuntunan hidup seperti yang seharusnya. Al Qur’an lalau hanya dibiarkan berdebu, jarang dibaca apalagi diamalkan (QS. Al Mu’minun: 71). padahal Allah jelas memperingatkan kita untuk masuk ke dalam Islam secara keseluruhan (QS. Al Baqarah: 2) dan tidak mengikuti segala sesuatu tanpa mengetahui ilmunya karena segala sesuatu itu pasti akan dipertanggungjawabkan nantinya (QS. Al Isra: 36).

maka tak heranlah kita sekarang, banyak terjadi kerusakan di segala sektor kehidupan. korupsi, penipuan, dan kejahatan dalam berbagai bentuk semakin merajalela. agama Islam hanya dijadikan ‘label’ dan nafsu dijadikan ‘tuhan’. terlalu mencintai duniawi, mengejar harta dan tahta sampai mengabaikan tuntunan agama. menghalalkan segala cara pun dimaklumi. mereka itulah yang oleh Allah telah dikunci mati pendengaran dan hatinya, serta ditutup penglihatannya (QS. Al Jatsiyah: 23).

naudzubillahimundzalik..

mari introspeksi, perbaiki diri, dan jalan lagi. innallahama’ana.

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s