poligami

ini semata-mata hanyalah jawaban saya untuk tugas agama islam. saya sendiri tidak memungkiri bahwa poligami itu diperbolehkan dengan beberapa syarat. kalau saya sendiri, jujur sih saya ndak mau dipoligami. hehehe…

ayat2cinta

poligami???

pertanyaan: Bagaimana menurut pengetahuan Anda mengenai poligami?

jawab:

Menurut pengetahuan saya, poligami/memiliki lebih dari satu istri memang diperbolehkan dalam ajaran Islam seperti yang tertuang dalam surat An-Nisaa’ ayat 3. Sayangnya banyak muslimin yang menyalahgunakan tuntunan tersebut, menikah dan berpoligami hanya sebagai kedok memuaskan nafsunya. Bahkan mereka berani-beraninya menyamakan tindakan poligaminya dengan poligami yang dilaksanakan oleh Rasulullah. Padahal tidak sedikitpun mereka mengerti alasan ataupun tujuan Rasul berpoligami. Rasulullah SAW berpoligami dengan pertimbangan kemanusiaan dan kelancaran urusan dakwah.  Selain itu ada hikmah yang sangat mendalam di masa kini yaitu semakin banyaknya sumber-sumber ajaran Islam terutama yang berkaitan dengan fiqih wanita, karena memang dari sanalah umumnya pelajaran Rasulullah SAW tentang wanita itu berasal. Seandainya Rasulullah SAW hanya beristrikan satu orang saja, maka kajian fiqih wanita sekarang ini akan menjadi sangat sempit karena sumbernya terbatas hanya dari satu orang.

Namun syarat poligami tersebut menuntut manusia berbuat adil, padahal berbuat adil itu sangatlah sulit. Seseorang mungkin akan dapat berlaku adil, membagi waktunya, membagi hartanya, membagi perhatiannya, kasih sayangnya untuk beberapa istri. Namun dengan berpoligami, berarti akan ada hati dan perasaan yang terluka baik dari istri yang pertama maupun istri-istri yang lainnya. Mungkin istri pertama memang telah ikhlas dan memberikan ijin kepada suaminya untuk menikah lagi. Tapi tak dapat dipungkiri bahwa hatinya akan tetap terluka. Hatinya akan cemburu kepada istri yang sedang mendapat giliran kunjungan. Hatinya akan senang dan merasa menang saat dia yang mendapat giliran kunjungan. Disinilah letak ketidakadilan manusia. Kita tentu tidak dapat berharap ada wanita-wanita yang semulia istri-istri Rasulullah di jaman sekarang ini dan tidak ada lelaki semulia Rasulullah yang mampu memimpin dengan aman damai isteri-isterinya di dunia bahkan mampu menjadikan isteri-isterinya itu ahli syurga. Maka sakit hati dan cemburu pasti akan terjadi.

Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung… (QS. An Nisaa’: 129).

Barakallahu fikum..

poligami

ingin seperti ini???

2 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s