Pulpotomy

definisi
pulpotomi adalah pengambilan jaringan pulpa vital yang terinflamasi dari dalam kamar pulpa dengan tujuan untuk menjaga vitalitas dan fungsi pulpa radikular yang tersisa. terdapat kontroversi mengenai medikamen yang tepat untuk pulpotomi vital. Formocresol yang dilarutkan dengan perbandingan 1:5 telah lama digunakan sebagai medikamen yang aman dengan presentasi kesuksesan 90-98%. kalsium hidroksid juga banyak digunakan dan merupakan satu-satunya medikamen yang memiliki kemampuan menyembuhkan secara biologis dan dapat membentuk pelindung jaringan keras terhadap pulpa radikular yang diamputasi. tingkat kesuksesan dengan kalsium hidroksida hingga 60%. Sayangnya medikamen ini dihubungkan dengan resorpsi internal dan memerlukan penelitian lebih lanjut.
kesuksesan pulpotomi ditandai dengan gigi yang asimptomatik. kegagalan akan menimbulkan nyeri, pembengkakan, peningkatan mobilitas gigi, fistula, dan radiolusensi pada gambaran radiograf di furkasio atau apeks atau terjadi resorbsi internal/eksternal.

teknik pulpotomi

  1. ronsen preoperatif pada gigi yang bersangkutan
  2. anestesi lokal dan isolasi
  3. buang karies dan buat akses kavitas endodontik
  4. eskavasi (buang) jaringan pulpa koronal dengan menggunakan bur low speed atau eskavator
  5. kontrol pendarahan. tekankan cotton pellet pada kamar pulpa yang dieskavasi untuk menekan cabang pulpa radikular. ambil cotton pellet setelah 5 menit. ulangi langkah tersebut hingga pendarahan berhenti. pendarahan yang sangat banyak menandakankan inflamasi serius dan menjadi indikasi pulpektomi.
  6. letakkan kapas yang dibasahi dengan formokresol ke dalam ruang pulpa selama 4 menit. saat kapas dikeluarkan cabang pulpa akan terlihat coklat kehitaman atau hitam.
  7. isi kamar pulpa dengan ZOE atau GIC
  8. tumpat gigi dan bentuk mahkotanya.

penatalaksanaan pulpotomy

referensi: Heasman, P., 2003, Master Dentistry: Restorative Dentistry, Paediatric Dentistry, and Orthodontics, vol. 2, Churchill Livingstone, Edinburgh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s