Kesuksesan Hidup dalam Islam

berikut ini adalah jawaban saya untuk PR Agama Islam

Apa yang kamu ketahui tentang kesuksesan hidup menurut Islam?

Sebelum membahas mengenai kesuksesan, hendaknya kita renungkan terlebih dahulu apa tujuan hidup manusia di dunia ini. Allah telah berfirman dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” ayat ini jelas menegaskan bahwa tujuan hidup manusia adalah untuk mengabdi/beribadah kepadaNya.

Lalu bagaimana dengan sukses? Apa itu sukses? Setiap orang pasti memiliki definisi tersendiri mengenai kesuksesan. Begitupula kesuksesan hidup dalam Islam, seseorang dapat mendefinisikannya sesuai dengan pemahaman masing-masing. Namun menilik dari ayat di atas, kesuksesan hidup dalam Islam sudah jelas, yaitu saat kita berhasil meraih tujuan hidup kita untuk beribadah kepada Allah. Maka dari itu, sukses dalam Islam itu sendiri bermakna suatu proses yang berarti akan berlangsung terus menerus sepanjang hidup kita. Langkah nyatanya adalah dengan mengamalkan surat Al Ashr, “ Demi masa, sesungguhnya manusia itu kerugian, melainkan yang beriman dan yang beramal saleh, dan nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.”


Kita harus menggunakan kesempatan yang diberikan kepada kita  dengan berusaha sebaik-baiknya untuk hidup di dunia, bekerja keras mengejar impian kita, melakukan segala pekerjaan dengan sungguh-sungguh, tanpa melupakan bahwa kita masih akan mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan kita di akhirat nanti. Kita hendaknya tidak berlaku semena-mena dan meninggalkan ajaran agama dalam berkehidupan di dunia karena sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, hanya kesenangan yang menipu (QS. 57 : 20),  main-main dan senda gurau belaka (QS. 6 : 32). Dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal (QS. 40 : 39) serta lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa (QS. 6 : 32).

bagaimana cara menempuhnya?

berusahalah agar hari ini lebih baik dari pada hari kemarin. buat time schedule harian dan life mapping agar hidup lebih mudah dan terarah.


Akhirul kalam, berikut ini adalah sabda Rasulullah SAW tentang cara hidup seorang muslim yang harus dapat kita amalkan agar dapat hidup sukses dunia akhirat,

“Berbuatlah untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selama-lamanya dan berbuatlah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati esok hari”.

barakallahu fikum..😀

2 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s