Gingivitis Kronis (peradangan gusi)

Gingivitis adalah istilah medis untuk inflamasi/peradangan gingiva (gusi) yang merupakan bentuk ringan dari penyakit gingiva dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri sebagai akibat dari pembentukan plak.

Gingivitis kronis adalah tipe gingivitis yang sering terjadi dan selalu dihubungkan dengan kurangnya kebersihan mulut seseorang. Pada sebagian besar kasus, seorang pasien biasanya tidak merasa bahwa mereka memiliki gingivitis kronis dan tidak akan mencari perawatan medis sampai gejalanya tampak jelas (Alison, 2006).

Sedikit perdarahan dan pembengkakan ringan pada gusi adalah tanda-tanda dan gejala awal. Jika hadir dalam tahap awal, gingivitis dapat diperbaiki dengan langkah-langkah sederhana seperti menyikat gigi, flossing dan pembersihan (Alison, 2006).

Etiologi/patologi: infiltrat inflamasi sebagai respon dari akumulasi plak pada margin gingiva. Flora awal pada plak adalah kokus Gram positif dalam waktu 4-7 hari, kemudian diikuti organisme Gram negatif filamen dan fusiform setelah 2 minggu (Millett & Welbury, 2000).

Gejala klinis: bengkak dan eritem pada margin gingiva. Berdarah saat menggosok gigi atau makan (Millett & Welbury, 2000). Gingiva kemungkinan sakit saat disentuh, gingiva mudah berdarah saat menyikat gigi atau memakai dental floss, napas bau, gigi sensitif (Alison, 2006).

Perawatan: instruksi gosok gigi yang baik dan benar,  penggunaan obat kumur klorheksidin 0,2% (Millett & Welbury, 2000).

Kondisi ini jika tidak dirawat dapat berproses menjadi periodontitis (Millett & Welbury, 2000).

referensi:

Millett D & Welbury R. 2000. Orthodontics and Paediatrics Dentistry. Edinburgh: Churchill Livingstone

Alison. 2006. What is Gingivitis? Types, Chronic and ANUG, Symptoms, Causes. http://www.healthhype.com/what-is-gingivitis-types-chronic-and-anug-symptoms-causes.html (19/05/2011)

gambar:

gingivitis pada gingiva labial

gingivitis pada gigi baru tumbuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s