sekilas tentang karies gigi

tadi saya menonton iklan sebuah permen karet yang baik untuk kesehatan gigi. iklan tersebut menggunakan istilah karies di dalamnya. saya jadi bertanya-tanya apakah karies sekarang telah menjadi istilah umum? untuk anda yang belum mengetahui apa itu karies, mari kita simak sebentar ulasan saya ini.

karies gigi (dental caries, tooth decay) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang memproses karbohidrat (misalnya gula dalam makanan yang tertinggal pada gigi) menjadi asam yang dapat mendemineralisasi (demineralisasi= proses penghilangan mineral) struktur keras gigi seperti email, dentin, dan sementum (wikipedia, 2011). Karies gigi  memakan waktu cukup lama untuk benar-benar menggerogoti bagian luar gigi, dan membuat gigi berlubang. Ada dua jenis bakteri yang bertanggung jawab karena menyebabkan karies gigi yaitu Lacticobacilli dan Streptococcus mutans. karies gigi memiliki berbagai faktor etiologi (penyebab) yang dipengaruhi lamanya waktu interaksi/terpaparnya substansi gigi, mikroorganisme, dan asupan karbohidrat yang dapat diubah menjadi asam (SIGN, 2000).

berdasarkan laporan United States Surgeon General mengenai kesehatan mulut di Amerika (2000), karies gigi merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak-anak bahkan 5x lebih banyak terjadi daripada asma dan 7x lebih banyak daripada demam karena serbuk bunga (hay fever).

secara klinis proses demineralisasi pada email karena asam yang dihasilkan oleh bakteri ini ditandai dengan adanya bercak putih pada permukaan gigi. pada tahap ini, demineralisasi dapat berhenti dan kembali normal kembali (remineralisasi) atau justru dapat berkembang lebih parah menjadi karies kemudian menimbulkan lubang pada gigi (McDonald dkk., 2004). jika dibiarkan, lubang dapat mencapat ruang pulpa dimana terdapat pembuluh daraf dan saraf sehingga akan membuat gigi sakit atau bahkan mati.

perawatannya simpelnya: pergilah ke dokter gigi! mereka tau apa yang terbaik untuk memperbaiki gigi anda. tapi jika anda suka ribet, baiklah saya beritau. untuk karies gigi yang masih di permukaan, maka gigi anda cukup di tambal saja. namun jika karies telah mencapai pulpa, maka diperlukan penanganan yang lebih khusus seperti misalnya perawatan saluran akar. jika gigi anda sudah mati namun masih menyisakan banyak bagian yang bisa diperbaiki maka dapat dilakukan perawatan saluran akar dan pembuatan mahkota buatan. namun jika gigi mati anda telah rusak parah, maka tidak ada gunanya lagi dipertahankan. eksekusinya adalah cabut gigi.


ngeri? pasti. bagaimana mencegahnya? gosoklah gigi minimal 2x sehari. bagus lagi ditambah penggosokan setelah makan dan pemakaian benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang menyelip di antara gigi. penggunaan benang gigi ini juga lebih baik loh daripada mencongkel sisa makanan dengan tusuk gigi. benang gigi bisa anda dapatkan di apotek.

ingat, meminum obat-obatan untuk meredakan sakit gigi HANYA akan menghilangkan RASA sakitnya saja tapi TIDAK menghilangkan PENYAKITnya. untuk menghilangkan penyakitnya, pergilah ke dokter gigi.

sekian, semoga bermanfaat😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s