aku dan skripsiku

alhamdulillah..puji syukur pada Allah, Tuhan semesta alam, kemarin, tepat pukul satu aku dinyatakan lulus ujian skripsi. yang mana berarti langkahku untuk menjadi sarjana bulan agustus nanti insya Allah bisa tercapai.

sungguh perjalanan yang sangat menghebohkan selama dalam masa pengerjaan skripsi ini. tapi sungguh suatu proses yang betul-betul aku nikmati. aku heran sepertinya kok aku tidak mendapatkan suatu “euforia” seperti yang digembor2kan mahasiswa tentang pengerjaan skripsi ya? apakah karena aku memang cuek, atau mereka terlalu melebih-lebihkan, atau memang aku yang diberi kemudahan dalam pengerjaan daripada mereka ? overall aku sangat bersyukur semua bisa aku lalui dengan lancar.

lulus di bulan agustus sudah menjadi obsesiku semenjak aku tau bahwa siklus wisuda terjadi 4x setahun di UGM dan agustus adalah kelulusan pertama dari setiap angkatannya (hal ini baru aku ketahui setelah aku ikut PSM UGM loh..hahahaha). dari sana aku bertekad apapun yang terjadi aku tidak akan berhenti. bahkan jauh-jauh hari aku sudah membuat jadwal harian dan menyisihkan beberapa jam untuk mengerjakan skripsi, yang mana pada akhirnya jadwal itu hanya untuk pajangan semata. hahaha.. waktu itu seorang kawan bertanya: “kenapa sih bel ngoyo banget ngejar agustus?” yah ada beberapa alasan sih: 1. skripsi itu “beban”, jadi mana mau aku memikul “beban” itu terlalu lama! stressful!!! 2. aku masuk FKG dengan perlambatan 1 tahun (lulus SMA 2006, kuliah tahun 2007) maka aku tidak mau lai memperlama masa studiku, 3. ya karena aku pengen cepet-cepet lulus aja..hahahaha..kalau bisa agustus kenapa mesti diundur2. ya nggak?? kan kalau udah selesai jadi bisa ngerjain yang lain2šŸ˜€

ide awal skripsiku adalah meneliti tentang efek bleaching dengan menggunakan strawberry. ide ini muncul ketika tak sengaja aku mendapatkan pengetahuan bahwa strawberry dapat memutihkan gigi. maka jauh-jauh hari aku sudah mengumpulkan materi tentang strawberry bahkan sudah mengunjungi beberapa perpustakaan fakultas lain untuk mencari kelengkapan materinya.Ā  beberapa minggu sebelum pengumpulan outline untuk mendaftar skripsi pun aku sudah melakukan konsultasi dengan beberapa dosen dari ilmu biomaterial gigi dan konservasi gigi (drg. Widji, drg. Harsini , dan drg. Yulita) mengenai tema yang ingin kuangkat ini dan mereka menyambut baik gagasanku tersebut. ketika tiba waktu pendaftaran, aku masih merasa bingung untuk menentukan akan mendaftar ke bagian mana karena tema skripsiku ini memang bisa masuk ke dua bagian tersebut. belum lagi pilihan yang membuat galau adalah kabar bahwa skripsi di bagian konservasi gigi sangat sulit dan lama, namun di sisi lain pendaftar di bagian ilmu biomaterial sudah overload. nah loh! setelah berkonsultasi dengan beberapa senior akhirnya aku memutuskan untuk skripsi di konservasi gigi. tak kupedulikan kabar yang simpang siur dan memilih untuk memantapkan hati saja. well, akhirnya saat pengumuman keluar, saat itu sedang masa KKN, alhamdulillah aku diterima di bagian konservasi gigi bersama seorang kawanku, hamida. Ya, awalnya hanya kami berdua namun beberapa waktu kemudian kami ketambahan personil sebanyak 10 orang. kami berdua belas dibriefing oleh drg. Yulita (penanggung jawab skripsi konservasi gigi) tentang tata cara skripsi di bagian ini. saya senang ternyata sistem skripsi di bagian ini sangat memudahkan mahasiswa. kami diberi target bulanan untuk menyelesaikan tahap-tahap skripsi (untuk ini aku pun membuat target pribadi penyelesaian tiap tahap yang lagi2 hanya berakhir menjadi pajangan di dinding kamar). setelah itu kami juga diberitahu tentang pembimbing skripsi masing-masing. aku mendapatkan drg. Endra sebagai pembimbing pertama, dan drg. Yulita sebagai pembimbing kedua. sejak itu dimulailah perjalanan skripsiku (kami)Ā  di konservasi gigi. resmi sudah aku (kami) menjadi PSK #ups Pekerja Skripsi Konser maksudnya. hahaha..

seminar proposal adalah tahap paling awal sebelum dimulainya penelitian. untuk itu aku harus menyiapkan BAB I-IV. semua berjalan lancar. bimbingan dengan kedua dokter pun terasa sangat menyenangkan (itulah kenapa aku heran dengan mahasiswa lain yang sepertinya untuk mengerjakan skripsi apalagi bimbingan saja terasa berat). sampai tiba saatnya seminar proposal. di sini terjadi sedikit kericuhan. awalnya, sesuai dengan urutan, aku mendapatkan jadwal seminar proposal tanggal 17 maret. disini aku sedikit merasa terbebani karena aku belum juga selesai revisi dengan drg. Endra. tapi drg. Yulita meyakinkanku bahwa aku pasti bisa. stress berat menerpaku sampai akhirnya ada kabar bahwa sminar proposal diundur karena konser akan mengadakan ujian untuk spesialis (kalau tidak salah ingat). maka aku batal seminar proposal tanggal 17.Ā  ketegangan mereda. lalu sebagai ganti tidak jadinya seminar datanglah sms itu. sms dari drg. Endra yang aku terima pukul 14.00 tanggal 17 maret 2011, dalam kondisi nyawa belum sepenuhnya terkumpul karena baru saja bangun tidur (tapetnya terbangun karena ada sms itu)

skripsi dijilid, ujian hari Senin jam 11.

saat itu kesadaranku merambat memasuki pikiranku. blaaaar. aku tercengang. hanya ada waktu hari jumat untuk mengurus semuanya. untung jauh-jauh hari drg. Yulita telah mengingatkan aku untuk membuat presentasi dalam powerpoint untuk persiapan seminar proposal. Thanks God!!! maka segera saja aku melengkapi kekurangan yang belum aku kerjakan. ngeprint proposal dan menjilidnya!!! keesokan harinya aku menyerahkan copy proposal ke drg. Endra, drg. yulita, dan drg. Trina (dosen penguji tamu). disinilah masalah keribetannya. drg. Trina meminta proposal yang sudah ditandatangani dan beliau hanya memberi waktu sampai sebelum pukul 14.00 karena beliau akan pergi. aku segera lari ke lantai 5 (faktanya: naik lift, karena ruangan drg. Trina ada di lantai 2 dan ruang dosen konservasi gigi ada di lantai 5). terlambat! drg. Endra sudah berangkat jumatan. drg. Yulita pun juga baru saja pergi. akhirnya dengan gelisah aku menunggu drg. Endra selesai jumatan. kebetulan beliau tak segera kembali. aaww..makin cenat-cenut. saat waktu sudah mepet, akhirnya drg. Endra datang, tanda tangan, lalu aku turun ke lantai 2 dan untunglah drg. Trina belum pergi. aku memohon maaf sebelumnya ternyata tidak sempat mendapat tanda tangan drg. Yulita ;( but untunglah beliau tidak mempermasalahkan.

lalu seminar proposallah saya, tanggal 21 Maret 2011 pukul 11 di ruang pertemuan Konservasi Gigi dengan hasil memuaskan, proposal saya diterima dan saya bisa lanjut ke penelitian.

penelitian belum bisa segera dimulai. karena harus pre penelitian dulu. namun harus revisi dulu sebelum prepenelitian. baiklah. aku segera kerjakan, seminggu kemudian jadi. eh drg. Endra sudah memperbolehkanku melakukan prepenelitian. (sayangnya gak boleh langsung penelitian) tapi hasilnya ternyata tidak memuaskan. setelah berkonsultasi dengan drg. Endra beliau ternyata memperbolehkan aku lanjut ke penelitian. horaaay!!!

penelitian kujalani, 3 minggu. tiba saat pengamatan daaan..ternyata hasilnya jauh dari perkiraan. aku galau. pasti akan nambah duit lagi. padahal aku udah minta banyak duit ke mama dan papa. huhuhu.. ;”(

aku kembali berkonsultasi kepada drg. Endra dan beliau memberikan banyak masukan. aku mengulangi penelitianku. kali ini lebih hati-hati dan teliti. dua minggu kemudian hasilnya aku dapatkan. alhamdulillah sudah memenuhi kriteria hasil yang mirip dengan penelitian sebelumnya. aku analisis data dan mulai mengerjakan BAB V dan VI.

menuju ke pendadaran jalannya lebih berliku dan menyuramkan. saat sudah mendekati batas akhir pendaftaran yudisium tapi aku belum juga dapat tanggal pendadaran. aku hampir menyerah walaupun aku tidak pernah berhenti bekerja. aku pasrah kalau memang tidak terkejar agustus, tapi yang penting aku tidak berhenti mengerjakan revisi. sampai akhirnya kabar itu datang, tanggal pendaftaran diundur. alhamdulillah. sedikit bernapas lega walaupun masih cenat-cenut. tapi belum sempat menghela napas lega, kabar kedua datang adalah kabar buruk. dosen-dosen konser akan pergi ke Jakarta untuk menghadiri seminar atau apa gitu. dan kepergian mereka dipastikan akhir juni. aaarrrwgggghhh.. ini bagaimana pula urusannya?? di tengah kegalauan dan keputusasaan, akhirnya secercah harapan itu datang. sabtu 18 juni yang lalu drg. Endra memberitahukan bahwa aku bisa pendadaran hari selasa. alhamdulillah… segera ku cek perlengkapan dan kuperdalam pembelajaran.

hari itu pun tiba. selasa, 21 Juni 2011, aku menjalani sidang skripsi / disebut pendadaran. begonya aku tidak meminta lembar penilaian dari pengajaran maupun dari bagian konservasi. aaarrrghh.. tapi kesalahan itu alhamdulillah diampuni dan aku tetap bisa menjalani pendadaran. Selasa, 21 Juni 2011 pukul 13.00 WIB, Belinda Chandra Hapsari dengan judul skripsi “Pengaruh Konsentrasi Karbamid Peroksida 10% dan 15% sebagai bahan bleaching terhadap kebocoran mikro tumpatan resin komposit flowable nanofil”, dinyatakan lulus. alhamdulillah..

sekarang aku tinggal menunggu hasil koreksian untuk revisi yang sudah aku serahkan tadi padi. semoga tidak ada yang perlu direvisi lagi sehingga bisa langsung aku jillid. aku juga masih menunggu nilaiku keluar (gara2 aku tidak membawa lembar penilaian jadinya nilaiku tidak bisa langsung keluar) dan juga menunggu ujian anestesi hari jumat nanti, then i’ll become Belinda Chandra Hapsari, S.KGšŸ˜€

6 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s