#thisisit: menu buka puasa day 3

menu day 3:

  • appetizzer: kacang ijo mbok temu ala belindch
  • main dish: bandeng presto balado ala belindch
  • dessert: puding coklat brownies

kacang ijo mbok temu ala belindch

saya jatuh cinta pada kacang ijonya mbok temu, ibu pondokan saat saya KKN. setelah menanyakan resep kacang ijo lewat anaknya, saya pun nekat mencobanya. hasilnya enak lah, tapi masih belum seperti bikinan mboh temu! huhuhuhu..

  • bahan: kacang hijau satu genggam, beras ketan satu genggam (direndam dalam air selama 2 jam), gula jawa (duh ini dikira-kira aja ya), garam dikit aja biar rasanya nggak ampang, gula pasir dikit aja, vanili, santan instan 75 ml, air secukupnya
  • cara masak: didihkan air; masukkan kacang hijau dan direbus sampai bijinya pecah-pecah; setelah kacang hijau pecah masukkan beras ketan, gula jawa, gula pasir, garam, vanili, rebus sampai gulanya hancur dan ketannya empuk; setelah gula hancur, masukkan santan instan sambil terus diaduk biar santannya gak pecah. setelah mendidih, angkat, dan siap disajikan
  • this is it kacang ijo mbok temu ala belindch

bandeng presto balado ala belindch

tiap kali mau memasak, intinya adalah memanfaatkan apa yang sudah tersedia dalam kulkas karena si mamah belanja banyaaak banget sebelum puasa. teringat pada sebuah masakan enak dari bandeng presto maka saya mencoba menirunya. enak sih, tapi sayang masih belum seperti bayangan saya, dulu kayaknya bandeng prestonya dimasak sambel gimana gitu. yang saya coba masak hari ini adalah bandeng prestonya dimasak balado. resepnya saya contek dari sini dengan sedikit modifikasi dan tambah ini tambah itu. and this is it bandeng presto balado ala belindch

puding coklat brownies ala belindch

naah kalo yang ini memang memanfaatkan bahan yang masih ada. kebetulan masih punya sebungkus agar instan dan kue brownies. iseng deh bikin ini.

  • bahan: satu bungkus agarasa coklat dimasak sesuai petunjuk, brownies
  • cara: agarasa dimasak sesuai petunjuk memasak pada bungkus, gulanya dikurangi ya untuk mengantisipasi rasa manis dari brownies; brownies ditata di loyang; setelah agar matang, tuang ke dalam loyang secara perlahan; diamkan agar dingin; masukkan ke kulkas.
  • and this is it puding coklat brownies ala belindch

menemukan tulisan lama di folder

Waktu membongkar folder, saya menemukan tulisan menarik yang pernah saya tulis waktu SMA dulu. tulisan ini berisi tentang organisasi PMR yang pernah saya ikuti. kalau tidak salah tulisan ini saya ikut sertakan dalam sebuah lomba yang diadakan oleh PMI tapi saya lupa lomba apa, dan lagipula tidak menang. hihihi..

PMR Mengabdi Untuk Sehat dan Tetap Bersahabat

PMR adalah salah satu dari 4 organisasi besar di SMA N 3 Semarang. Sebagai sebuah organisasi, setiap anggotanya memiliki keloyalan yang besar baik terhadap PMR itu sendiri maupun kepada sekolah dan warganya. Karena salah satu prinsip kami sebagai anggota PMR adalah mengabdi kepada masyarakat, yang merupakan perwujudan dari salah satu poin Tri Bakti PMR yaitu berbakti kepada masyarakat. Sebagai contoh dari pengabdian tersebut yaitu peran aktif PMR sebagai petugas kesehatan dalam berbagai acara yang diadakan oleh SMA N 3 Semarang. Misalnya saja pada setiap upacara bendera, kami selalu sedia menjalankan tugas jaga. Hal ini tentunya sangat membantu karena terkadang siswa tidak kuat mengikuti upacara sehingga jatuh sakit bahkan pingsan.

Selain itu kami juga berperan dalam kegiatan yang diadakan oleh organisasi lain. Misalnya saja menjadi tim kesehatan pada acara Latihan Kepemimpinan Siswa ( LKS ) I dan II yang diadakan oleh OSIS, juga pada acara kemah bakti yang diadakan oleh Pramuka di Bantir Sumowono. Kami juga menjadi tim kesehatan pada setiap lomba yang diadakan oleh Paskibar, Patroli Keamanan Sekolah ( PKS ), Pramuka, dan FDI. Di samping itu, kami mempunyai program rutin 3 bulan sekali yaitu donor darah. Kami membantu PMI dalam hal menghimpun para peserta yang bersedia menyumbangkan darahnya untuk orang lain.

Mengingat begitu berat tugas yang dilakukan oleh PMR, maka kami haruslah mempunyai fisik yang lebih tahan banting. Tidak lucu apabila seorang anggota PMR malah “jatuh” saat sedang bertugas. Untuk itu, kami selalu berusaha untuk menjaga kesehatan dan kekuatan fisik. Di setiap latihan PMR pasti diselingi oleh latihan fisik seperti push up atau pun lari keliling lapangan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan kami. Selain itu materi yang disampaikan dalam latihan PMR pun mengandung banyak pengetahuan tentang kesehatan yang tentunya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan tersebut bermanfaat bagi diri kami dan orang lain. Jadi tak bisa dipungkiri bila keikutsertaan seseorang dalam PMR dapat menumbuhkan kebiasaan hidup sehat dan mandiri. Jadi tidak hanya menjaga kesehatan orang lain saja tanpa peduli kesehatan sendiri kan?

Tidak jarang pula kami didatangi oleh teman-teman yang mengalami masalah kesehatan maupun psikologi. Mereka berkonsultasi dan bertukar pikiran bersama kami tentang masalah yang dihadapinya. Kami pun melayani mereka dengan senang hati serta memberikan beberapa saran yang baik. Begitu pula sebaliknya saat kami membutuhkan seseorang untuk mendengarkan keluhan kami, kami juga bisa mengandalkan mereka.

Kami selalu membuka diri kepada siapa pun. Dalam berteman, kami tidak memandang bulu. Seringnya kami terlibat dalam berbagai kegiatan di sekolah membuat kami memiliki banyak teman di sekolah. Dalam organisasi kami sendiri, kami saling mengenal satu sama lain. Baik itu teman seangkatan, kakak kelas, maupun adik kelas. Kami selalu berusaha menciptakan suasana yang hangat dan bersahabat dalam latihan kami. Sehingga rasa persahabatan kami timbul. Bahkan kami mendaftarkan diri sebagai anggota friendster ( suatu komunitas dalam internet ) sehingga bagi siapapun, baik itu alumni, anggota PMR, maupun teman-teman dari pangkalan lain dapat bergabung dan menjadi teman kami. Itu kami lakukan dalam rangka mempererat tali persahabatan antar anggota PMR dimanapun berada. Hal-hal tersebut yang kami rasa hanya dapat kami peroleh apabila kami bergabung dengan PMR. Pengabdian, pengetahuan, dan yang paling utama adalah persahabatan yang kami yakin akan tetap terjalin sampai kapanpun.

By Belinda Chandra Hapsari

13 September 2005

SMA Negeri 3 Semarang

XII A 10 / 11

Jalan Pemuda no 149 Semarang

#friendsfact: Dwinanda Ardhi Swasono ( @dwinandaardhi )

kali ini saya ingin bercerita tentang manusia aneh yang satu ini. manusia yang dulu paling sering bikin saya sebal. hahaha.. but he inspires me so much!!! dan dia (sayangnya) telah menempati salah satu kursi “sahabat terbaik” dalam hati saya. ahahahaha.. (gombal dhi gue!! :P)

 dia adalah dwinanda ardhi swasono

1. How did you know him?
dia ini teman SMA saya yang biasa dipanggil dengan “ardhi”. awal kenal dia di..dimana ya? yang jelas kami sama-sama peserta Latihan Kepemimpinan Siswa yang diadakan oleh MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas) dan akhirnya sama-sama terpilih jadi 16 terbaik, kemudian sama-sama menjabat menjadi pengurus MPK SMA Negeri 3 Semarang tahun 2004-2005 (cmiiw). akhirnya kami dipersatukan di kelas XII IPA 10 (2005-2006).

2. When, where, and how did your first meeting?

aduuh lupa! kayaknya sih waktu LKS MPK itu.

3. Tell about your relationship with him!
seperti yang saya tulis sebelumnya, dia adalah orang yang selalu bikin saya sebal. hahaha.. dulu saya selalu oposisi terhadap dia, apalagi ketika dia menjabat sebagai ketua MPK. haduh, jadi gak enak, saya dulu sering banget mencari-cari alasan untuk menentang keputusan dia. hahahaha.. so childish. both of us sih. habisnya pikiran dia itu kadang aneh. tapi anehnya kami akrab! dia jadi salah satu teman dekat saya di kehidupan sehari-hari dan kami juga punya minat yang sama di bidang tulis menulis serta baca membaca. oya by the way, mamanya dia menjadi salah satu dosen pembimbing skripsi mama saya ketika mama saya mengambil S1 di fakultas perikanan Undip. ini juga yang bikin saya sering ngejahilin dia hahahaha.. #tepokjidat

4. Tell your impression about him!
dia itu seseorang dengan visi yang besar. kadang saking besarnya, saya menganggap impian – impian dia itu muluk. itulah mengapa dulu saya sering “menyerang” dia. tapi dia orang yang tangguh dan percaya diri. dia juga teguh memegang keyakinan dia. dan yang membuat saya tergerak untuk menuliskan postingan ini adalah karena saat ini saya merasa impian-impian dia ini perlahan-lahan mulai tercapai. dia telah berhasil membuktikan diri bahwa apa yang dia inginkan tersebut tidak sekedar omong kosong! saya yakin dia bekerja sangat keras untuk hal-hal tersebut. dan saya bangga kepadanya atas semua pencapaian dia saat ini. saya akan selalu menunggu pencapaian-pencapaian dia yang selanjutnya. juga janjinya akan menerbitkan buku sebelum usia 30.

5. How does he inspire you?
dengan semua yang dia lakukan. dia yang awalnya hanya terlihat sebagai pria pemimpi yang menyebalkan, telah berhasil membuktikan diri. dia yang awalnya banyak diremehkan oleh kawan-kawannya (termasuk saya *ditoyor*), telah berhasil untuk tetap teguh memegang prinsipnya. dia menginspirasi saya untuk terus menulis dan berkejaran dengan waktu untuk mencapai impian-impian saya. dia menginspirasi saya untuk berani bermimpi besar dan bekerja keras untuk mencapainya.

dear my beloved bestfriend, teruslah berkarya dan menggapai mimpimu!!! 😀

click this link to to read his writing and determine by yourself how inspiring he is! 😀

P.S. sorry, aku menculik foto2mu tanpa ijin. ntar kalo ngga berkenan aku hapus deh. hahahaah.. 😛

see my other friends: farida lisna priscasari, sakuntala dewi