#thisisit: menu buka puasa day 3

menu day 3:

  • appetizzer: kacang ijo mbok temu ala belindch
  • main dish: bandeng presto balado ala belindch
  • dessert: puding coklat brownies

kacang ijo mbok temu ala belindch

saya jatuh cinta pada kacang ijonya mbok temu, ibu pondokan saat saya KKN. setelah menanyakan resep kacang ijo lewat anaknya, saya pun nekat mencobanya. hasilnya enak lah, tapi masih belum seperti bikinan mboh temu! huhuhuhu..

  • bahan: kacang hijau satu genggam, beras ketan satu genggam (direndam dalam air selama 2 jam), gula jawa (duh ini dikira-kira aja ya), garam dikit aja biar rasanya nggak ampang, gula pasir dikit aja, vanili, santan instan 75 ml, air secukupnya
  • cara masak: didihkan air; masukkan kacang hijau dan direbus sampai bijinya pecah-pecah; setelah kacang hijau pecah masukkan beras ketan, gula jawa, gula pasir, garam, vanili, rebus sampai gulanya hancur dan ketannya empuk; setelah gula hancur, masukkan santan instan sambil terus diaduk biar santannya gak pecah. setelah mendidih, angkat, dan siap disajikan
  • this is it kacang ijo mbok temu ala belindch

bandeng presto balado ala belindch

tiap kali mau memasak, intinya adalah memanfaatkan apa yang sudah tersedia dalam kulkas karena si mamah belanja banyaaak banget sebelum puasa. teringat pada sebuah masakan enak dari bandeng presto maka saya mencoba menirunya. enak sih, tapi sayang masih belum seperti bayangan saya, dulu kayaknya bandeng prestonya dimasak sambel gimana gitu. yang saya coba masak hari ini adalah bandeng prestonya dimasak balado. resepnya saya contek dari sini dengan sedikit modifikasi dan tambah ini tambah itu. and this is it bandeng presto balado ala belindch

puding coklat brownies ala belindch

naah kalo yang ini memang memanfaatkan bahan yang masih ada. kebetulan masih punya sebungkus agar instan dan kue brownies. iseng deh bikin ini.

  • bahan: satu bungkus agarasa coklat dimasak sesuai petunjuk, brownies
  • cara: agarasa dimasak sesuai petunjuk memasak pada bungkus, gulanya dikurangi ya untuk mengantisipasi rasa manis dari brownies; brownies ditata di loyang; setelah agar matang, tuang ke dalam loyang secara perlahan; diamkan agar dingin; masukkan ke kulkas.
  • and this is it puding coklat brownies ala belindch

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s