STOP MENGGUNAKAN KATA AUTIS DAN DIFABEL LAINNYA UNTUK SEKEDAR MENCEMOOH!!!

jujur saya bukan orang yang sejak dulu peduli dengan hal ini. malah saya dulu juga termasuk pengguna kata autis untuk menggambarkan kondisi seseorang yang asik dengan dunianya sendiri. mata saya terbuka justru setelah membaca postingan pengalaman seorang kawan yang menghadapi seorang anak penyandang autism. saya menyadari bahwa menggunakan kata autis untuk sekedar mencemooh itu sangat tidak patut. bukan hanya autis, tapi idiot, imbisil (sering digunakan oleh raditya dika), buta, budeg, and so on. saya menyadari, tak ada seorang pun yang menyandang difabel seperti mereka MEMANG ingin menyandang ketidaknormalan seperti itu. belum lagi perjuangan para keluarga dan orang-orang di sekitar mereka untuk tetap kuat menghadapi kekurangan anggota keluarga mereka pun patut dihargai dan dihormati. untuk itu saya mulai saat ini mendukung gerakan STOP MENGGUNAKAN KATA AUTIS DAN DIFABEL LAINNYA UNTUK SEKEDAR MENCEMOOH!!!

satnite kemarin saya mendapatkan twit menarik dari mbak adekumala, seorang indonesia yg tinggal di australia (Oz). beliau bercerita tentang obrolan singkatnya dengan seorang teman yang memiliki anak penyandang autism. sebaiknya saya sertakan saja ya disini. check it out!๐Ÿ˜‰

adekumala Teman td cerita, anaknya yg #autis mdpt ‘bantuan’ iPad dari pemerintah Aussie.
adekumala Bantuan utk anak #autis & diffable lainnya mencapai AUD 800. Bs utk beli iPad 2 dan program2 yg berguna utk terapi.
adekumala Anak2 #autis di sini bener2 diperhatikan oleh pemerintah. Dpt terapi gratis & sekolah khusus bila perlu, gak peduli warga negara apa bukan.
adekumala Perkembangan anak teman saya yg #autis lebih pesat sejak pindah ke Oz, krn ikut terapi dan lingkungan mendukung.
adekumala Dia jg gak pernah ‘menyembunyikan’ anaknya yg #autis. Ketika semua orang tahu, sebenarnya malah membantu proses ‘penyembuhan’ si anak.
sittakarina @adekumala dan pastinya dukungan pertama datang dari keluarganya tuh๐Ÿ™‚ #autis
adekumala @sittakarina bener. aku salut banget dg kesabaran dan kegigihan ortunya membesarkan seorang #autis
adekumala Keluarga ini karib kami, anaknya cewek seumuran dg Anindya (9th). Skrng si anak #autis ini dah bs berkomunikasi dg yg di luar lingkungan dia
adekumala Di sini anak2 #autis diberi iPad 2 sbg bagian program terapi. Di Indonesia dijadikan bahan guyonan? #miris
clara_ng Betapa bedanya negara menjaga dan mengurus anak2, khususnya anak2 berkebutuhan khusus. *smbl baca twit @adekumala ttng anak #autis di Oz.
BiandaNadia Waaah mbak @adekumala, keren ya di Oz itu..care bgt ama anak #autis. Sedih kl bandingin ama di Indo.Terapi mahal,sekolah jg msh ‘seadanya’ โ˜น
adekumala Mau lanjut cerita ttg anak #autis di Sydney, dr pengalaman teman sy. Menjawab pertanyaan @belindch.
adekumala Teman sy cerita, program2 terapi utk anak #autis yg ada di iPad bentuknya game. Tema sesuai kebutuhan anak.
adekumala Game utk anak #autis di iPad, mis: roleplay di kantin sekolah. Apa yg hrs kamu lakukan ketika antri, memesan makanan, ada yg nyelonong?
adekumala Kemampuan anak #autis utk memahami lingkungan di luar lingkungannya terbatas. Jd ada game iPad ini utk mengembangkan ketrampilan sosialnya.
adekumala Ada lg cth game iPad utk anak #autis: asembli di pabrik. Anak diminta utk mengikuti bbrp perintah sekaligus dlm satu kalimat.
adekumala Perintah di game itu, misalnya: Tolong ambilkan ini di atas sana, tapi sebelumnya, tolong ambil yang itu. Tdk mudah utk anak #autis
adekumala Anak teman sy yg #autis itu tadinya hanya bs mengerjakan satu perintah saja, misalnya: tolong ambilkan gelas di dapur.
adekumala Tapi kalau perintahnya menjadi: tolong ambilkan gelas di dapur, kemudian isi dengan air dari kran, dia blm bisa. #autis
adekumala Di game iPad ini dia jd bs memahami 2 perintah dlm 1 kalimat. Tapi dia sedih krn levelnya gak naik2. Tiga perintah terlalu sulit. #autis
adekumala Dulu, mereka menggunakan DVD/CD ROM sbg alat bantu terapi #autis. Harganya mahal, $40 ea. Blm termasuk ongkir dari US.
adekumala Sementara game2 utk anak #autis di iPad ini harganya ‘hanya’ $6. Anaknya jg lebih suka pakai iPad krn handy & user friendly.
adekumala Sudah adakah game utk anak #autis berbahasa Indonesia di iPad? Kalau blm, tantangan tuh utk pengembang game.
adekumala Saya tanya ke teman, apakah si anak tahu bahwa itu game khusus utk terapi #autis?
adekumala Anaknya nggak tahu itu game utk terapi #autis. Tapi dia nggak suka dengan kata2 ‘spesial’. Mengapa?
adekumala Di NSW (new south wales – red) u/ memperhalus istilah diffable dipake kata ‘special’. Tagline ‘Helping Special Kids’ ada di poster, amplop surat dr terapis. #autis
adekumala Si anak #autis tahu ‘special’ itu artinya dia berbeda dr yg lain. Pernah dia teriak, “I don’t want 2b special. I just want 2b plain kid.”
*dan TL hening sejenak karena mbak ade sedang terharu*
karena ternyata mba ade nangisnya lama. untuk sementara postingan ini berakhir di sini deh ya. hahaha..๐Ÿ™‚
yak mbak ade sudah mulai ngetwit lagi nih..check it out
adekumala Sy tahu ortu anak #autis tdk ingin dikasihani. Mereka hanya ingin didukung utk perkembangan anaknya.
adekumala Cara kami mendukung keluarga dg anak #autis: menyapa, ngajak ngobrol biasa, mendengarkan ceritanya, mengajak anak kami bermain bersama.
i beg you, siapapun anda yang normal dan sehat, mohon membuka hati anda untuk bisa memahami isi dari postingan ini. tidak ada satupun orang yang ingin terlahir cacat. tidak ada…

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s