#diaryCoAss – salto di udara

pernah ngerasain pengen salto di udara? siang ini aku ngerasain itu. rasa bahagia yang teramat sangat sampai-sampai aku beneran pengen loncat-loncat kanguru dan bukan sekedar loncat-loncat kelinci. aku juga beneran pengen salto di udara. sayangnya nggak bisa. hihihi.. kenapa aku sebegitu gembiranya? karena kahirnya diagnosis pertamaku di ACC setelah hampir 3x aku datengin pasien dan salah-salah terus. masalahnya adalah aku kurang teliti dan yang namanya kurang teliti di kedokteran gigi itu akibatnya fatal. huhuhu.. tapi ini kerja diagnosis pertamaku. jadi dimaafkan dong ya??? besok nggak gitu lagi deh. swear!

yang paling bikin geregetan adalah salah satu gigi pasienku terdapat gingival polip. eewwwwh.. apaan pula itu gingival polip? hampir semingguan ini aku cari referensi soal gingival polip dan NONE!!! gak nemu apapun yg berguna buat aku pelajari. semua sumber ngomongin pulpa polip. aku udah ngubek-ngubek google dengan berbagai kata kunci dari gingival polip, gingival polyp, gum polyp, polip gusi. tapi beneran deh semua isinya mengecewakan. bahkan kalau kamu cari kata kunci itu di google paingan nyasar ke tulisanku ini. dan maaf yak aku juga gak bisa jelasin panjang lebar soal itu. hahahaha.. aku juga udah ngendon di perpus, ngubek-ngubek buku endo, pedodontik, bedah mulut, periodontik, tapi tetep gak nemu apa itu gingival polip. jadi diagnosis ini aku buat berdasarkan ingatan saat kuliah dulu, dan keterangan dari beberapa kawan serta senior.

baiklah aku ceritakan sedikit saja soal kasus yg aku hadapi ini. jadi gigi V kanan bawah pasienku ini mengalami karies di bagian distooklusalnya. kariesnya gede banget. trus di dasar karies itu ada bentukan semacam gusi. warnanya mirip gusi. pasienku bilang kalo lubang itu kemasukan makanan rasanya sakit. tes sondasi negatif, perkusi negatif, palpasi negatif. nah yang bikin aku bingung, pas di tes CE, pasien ini ngerasa linu. berarti CE positif, means gigi vital kan? tapi diagnosis gingival polip ini, giginya nonvital. nah loh!

anyway, ini dia penampakan radiologinya, ada area radiolusen di distal gigi Vnya.

tampak area radiolusen di bagian distal gigi V

 

yah yang jelas setelah dikoreksi sekali lagi oleh dosen pembimbing, akhirnya goal juga diagnosis saya! hari ini terlewati dengan indah dan rasanya pengen salto di udara (tapi aku nggak bisa.. :’I ). thanks GOD!!! :-*

boleh baca cerita lainnya di “diary CoAss

3 responses

Tinggalkan Balasan

