#Dentistry – Prostodonsia

Kalian mungkin sudah familiar dengan istilah gigi palsu? Nah, ilmu yang mempelajari tentang gigi palsu ini adalah Prostodonsia. Dokter gigi yang khusus mempelajari masalah ini bergelar Sp. Pros.

kita ulas dikit yaa.. secara umum gigi palsu/tiruan ada 3 macam yaitu:

1. gigi tiruan cekat

2. gigi tiruan sebagian

3. gigi tiruan lengkap

Pentingnya Gigi Tiruan

lalu apa sih pentingnya gigi tiruan? kenapa harus dipelajari? apakah harus bikin gigi tiruan kalau sudah mulai ompong? nah, secara sederhana, saya berani mengatakan bahwa gigi tiruan itu memang perlu dipasang bagi orang-orang yang ompong. alasannya adalah

  1.  memperbaiki fungsi estetis. yap! apalagi kalau gigi yang hilang adalah gigi yang di depan
  2. memperbaiki fungsi fonasi. kehilangan gigi kadang membuat orang nggak jelas ngomongnya kan? nah, dengan dibikinin gigi tiruan, itu akan mengembalikan fungsi fonasi.
  3. memperbaiki fungsi pengunyahan. apalagi kalau yang hilang gigi belakang. akibat gigi hilang, fungsi pengunyahan menurun sehingga makanan yang ditelan masih kasar, jadinya nanti akan mengganggu fungsi pencernaan.
  4. memperbaiki fungsi oklusi. oklusi itu apa? oklusi itu hubungan antara rahang atas dan bawah saat menggigit. nah kalau gigi “lawannya” nggak ada, maka gigi itu akan terus tumbuh (modot – bahasa jawa). lama-lama gigi itu bisa goyah dan lepas.

dan lain-lain.

nah! sepenting itu fungsi gigi bagi kesehatan kita. makanya para spesialis prostodonsi ini repot-repot belajar gigi tiruan karena kalau gigi hilang, MEMANG sebaiknya diganti. selama ini mindset masyarakat masih berupa “gigi palsu = orangtua”. itu mindset yang keliru. karena siapapun yang giginya hilang sebenarnya BUTUH dibuatkan gigi tiruan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s